Kamis, 01 Desember 2011

Android Memata-matai Seluruh Penggunanya

Smartphone Android dilaporkan diinstal dengan software mata-mata sebelum dijual ke pasaran. Hal itu ditemukan oleh sebuah pengembang aplikasi Android di Amerika Serikat.

Software bernama Carrier IQ tersebut mampu membaca pesan SMS privat, pencarian Google yang dilakukan pengguna sampai lokasi mereka. Software ini diinstal oleh para manufaktur Android sehingga operator bisa memonitor penggunaan ponsel.

Developer aplikasi Android bernamaTrevor Eckhart menunjukkan bahwa Carrier IQ bisa membaca apa saja yang diketik user di handsetnya. Semua data kemudian dikirim ke operator.

Pembuat Carrier IQ pun membantah semua klaim Trevor. "Kami melacak soal performa ponsel, bukan merekam apa saja yang diketik oleh pengguna,"



Namun dalam demonstrasinya, Eckhart menunjukkan bahwa software tersebut tidak hanya dapat merekam hampir semua informasi penting, namun juga mentransmisinya. Hal ini dinilai dapat mencederai privasi pengguna.

Selain di Android, Carrier IQ juga diinstal di beberapa merek handset BlackBerry, Nokia dan iPhone. Belum ada informasi apakah handset yang dijual di luar Amerika Serikat juga membawa software serupa.

0 komentar:

Poskan Komentar