Jumat, 01 Juli 2011

Superkomputer Terbaik di Dunia

Super Komputer dari Jepang yang sering disebut 'K', saat ini menempati urutan pertama pada daftar komputer tercepat di dunia yang dipublikasikan secara online di Tgdaily.com



Superkomputer
tersebut yang baru setengah dibangun, dilengkapi dengan 672 rak dengan total 68.544 prosesor.


Komputer ini memiliki kekuatan yang sangat tinggi, dengan kekuatan Linpack benchmark dari 8.162 petaflop/s dan dengn perhitungan efisiensi 93%.


'K' melampaui perintis perangkat tercepat terdahulu, 500 yang seperti PC diseluruh dunia, Tianhe-1A, di China, yang kini menempati urutan kedua dengan 2,6 petaflop/s. Tempat terakhir ditempati oleh Jaguar, sebuah superkomputer Cray untuk Departemen Energi A.S di Oak Ridge National Laboratory dengan 1,75 petaflop/s.


'K' Jepang akan memiliki lebih dari 800 rak yang akan selesai pada tahun 2012. Ketika sistem sudah siap maka diperkirakan akan memiliki daya komputasi 10 petaflop/s.


Perangkay ini akan digunakan oleh berbagai macam perusahaan untuk penelitian di berbagai bidang seperti iklim, meteorologi, pencegahan bencana dan obat-obatan.


Dari beberapa sistem di seluruh dunia, Asia mendominasi 10 besar. Maka, posisi keempat ditempati oleh Nebula, Supercomputing Center Nasional di kota Shenzhen Cina, dengan kapasitas 1,27 petaflop / s dan pada posisi kelima adalah Tsubame 2.0, yang dimiliki oleh Tokyo Institute of Technology, Jepang, dengan kapasitas 1,19 petaflop / s.

0 komentar:

Poskan Komentar