Kamis, 19 Mei 2011

Google Atasi Masalah Keamanan Android

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa ditemukan celah atau ancaman pada Operating System Android


Google bergerak cepat setelah menyadari adanya kelemahan dalam keamanan platform Android mereka, yang memungkinkan username serta password untuk Google Calendar, Facebook, Twitter dan layanan lainnya mudah dicuri melalui jaringan Wi-Fi umum.

Permasasalahan itu diketahui setelah beberapa ilmuwan Jerman menemukan bahwa selama ini platform Android menggunakan autentikasi yang ternyata bisa disusupi hacker ketika perangkat Android itu terhubung dengan jaringan wi-fi yang tidak aman.

Hacker bisa membuat jaringan wi-fi palsu di lokasi publik dengan menggunakan brand terkenal seperti Starbucks atau T-Mobile. Perangkat Android akan terhubung secara otomatis ke jaringan yang telah terekam untuk kemudian melakukan sinkronisasi aplikasi. Meskipun upaya sinkronisasi ini tidak bisa dilakukan, namun hacker toh berhasil mendapatkan autentikasi pengguna.

Menyadari kelemahan tersebut, Google pun segera bereaksi. "Kami mulai melakukan perbaikan terhadap kelemahan keamanan (Android) yang, dalam situasi tertentu, memungkinkan pihak ketiga mengakses data dalam Calendar dan Contacts," demikian jelas juru bicara Google.

"Pengguna Android tidak perlu melakukan apapun, perbaikan ini akan berjalan dengan sendirinya dalam beberapa hari ke depan," tambahnya seperti dikutip Cnet, Kamis (19/5/2011).

Perbaikan yang dilakukan Google adalah 'memaksa' perangkat Android terhubung ke server Google Calendar dan Contacts melalui https (Hyper Text Transfer Protocol Secure) sehingga autentikasi yang digunakan OS untuk melakukan validasi perangkat tidak bisa dicuri.

0 komentar:

Poskan Komentar